Soal Fatwa Haram Netflix, MUI: Tidak Benar Itu

Kompas.com - 23/01/2020, 14:24 WIB
Mengenal Layanan Streaming Netflix KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMengenal Layanan Streaming Netflix

KOMPAS.com - Informasi yang menyebutkan Majelis Ulama Indonesia ( MUI) akan mengeluarkan fatwa haram terhadap layanan streaming Netflix ramai dibicarakan publik.

Bahkan topik "haram" sempat menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (23/1/2020) siang.

Sejumlah warganet, terutama pengguna Twitter pun menganggap bahwa tindakan tersebut dinilai berlebihan.

"Jadi sebenarnya ada apa dengan semua instansi against Netflix sih?? Hbo go aja gak kena apa2??," tulis akun @nine1207 dalam twitnya.

"MUI enggak sekalian keluarkan fatwa Internet dan sosial media itu haram?? Udah nyata-nyata lohhh banyak konten negatif. Jangan tebang pilih dan nanggung lahh bikin sesuatuu..," tulis akun @Doddays dalam twitnya.

Baca juga: Netflix, Diburu Sri Mulyani, Dirangkul Nadiem Makarim

Lantas seperti apa faktanya?

Penjelasan MUI

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Fatwa MUI, Prof Hasanuddin menjelaskan bahwa informasi terkait MUI yang akan mengeluarkan fatwa haram untuk Netflix adalah tidak benar.

"Siapa yang mengatakan itu, saya tidak tahu menahu, tidak benar itu," ujar Hasanuddin saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya belum mengetahui apa itu Netflix.

"Saya sendiri tidak tahu Netflix itu apa," ungkapnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X