Mantan Wamen ESDM Jabat Komisaris Utama PGN, Ini Profil Arcandra Tahar

Kompas.com - 22/01/2020, 05:30 WIB
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat di kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAWakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat di kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (21/1/2020), Arcandra Tahar secara resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara ( PGN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

RUPSLB dilakukan sesuai arahan Kementerian BUMN dan pengumuman ke Bursa Efek Indonesia, Pemegang Saham, dan media massa.

Pada agenda tersebut memutuskan Arcandra Tahar sebagai Komisaris Utama PGN mengganti IGN Wiratmaja Puja.

Lantas, seperti apa perjalanan kariernya? 

Karier Arcandra Tahar

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama PGN, laki-laki kelahiran Padang, 10 Oktober 1970 ini telah menduduki sejumlah jabatan penting di bidang energi.

Pada 27 Juli 2016, dia pernah menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Pria yang menyelesaikan pendidikan pasca-sarjananya di Texas A&M University dengan mengambil jurusan Teknik Kelautan itu menggantikan Sudirman Said yang terkena reshufle.

Tetapi, status dwi kewarganegaraan yakni Indonesia dan Amerika Serikat yang disandang oleh Arcandra membuatnya dicopot dari jabatan Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016. 

Namun, pada 14 Oktober 2016, Arcandra dilantik sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mendampingi Ignasius Jonan yang menjabat sebagai Menteri ESDM. 

Ketika itu, permasalahan kewarganegaraan yang sempat dipermasalahkan dinilai sudah tuntas dan tak lagi dipermasalahkan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X