Hari Ini dalam Sejarah: Presiden Amerika Pertama dari Kulit Hitam

Kompas.com - 20/01/2020, 06:00 WIB
Presiden Obama mengancam akan memveto RUU yang memperlambat masuknya migran Suriah ke Amerika Serikat APPresiden Obama mengancam akan memveto RUU yang memperlambat masuknya migran Suriah ke Amerika Serikat

KOMPAS.com - Hari ini 11 tahun lalu, tepatnya 20 Januari 2009, Barack Obama dilantik menjadi presiden Amerika Serikat ( AS) pertama yang berkulit hitam.

Harian Kompas, Rabu 21 Januari 2009, menggambarkan suasana pelantikan presiden ke-44 AS itu.

"Saya, Barack Hussein Obama, sungguh-sungguh bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat dan akan melestarikan, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi AS," tulis harian Kompas (21/1/2009).

Obama dilantik pada Selasa (20/1/2009) pukul 12.00 waktu setempat atau Rabu tengah malam WIB. 

Sesuai dengan tradisi, sebelum upacara pelantikan, Obama dan istrinya, Michelle, minum kopi bersama Presiden George W Bush dan Ibu Negara Laura Bush di Gedung Putih. Lalu, mereka bersama-sama menuju Capitol Hill.

Serangkaian prosesi pelantikan dijalani Obama dan wakilnya, Joe Biden. Obama mengulangi sumpah jabatan yang diucapkan Ketua Mahkamah Agung, John Roberts. 

Sementara itu, di luar gedung, hadirin yang diperkirakan mencapai 2 juta orang dari berbagai penjuru AS dan dunia memadati National Mall. 

Baca juga: Obama Kritik Pemimpin Uzur, Joe Biden: Itu Bukan Saya

Rekam jejak Obama

Sementara itu, harian Kompas (9/11/2016) menulis rekam jejak Barack Obama selama hampir 8 tahun menjabat.

Ia diingat sebagai presiden pilihan rakyat. Andai saja ia tak banyak dijegal oposisi, barangkali semua program dan kebijakan bisa tuntas terwujud.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X