Jatuhnya Pesawat Ukraina Jadi Bencana bagi Sektor Pariwisata Iran

Kompas.com - 19/01/2020, 13:07 WIB
Persepolis di Iran. visitiran.irPersepolis di Iran.

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Penerbangan Iran mengumumkan adanya penurunan angka serius di sektor pariwisata pada minggu pertama setelah jatuhnya pesawat Ukraina.

Dikutip dari surat kabar Syarq al-Awsat (19/1/2020), turunnya kunjungan wisatawan asing ini terjadi setelah Perusahaan Penerbangan Eropa mengumumkan pembatalan seluruh perjalanan mereka dengan tujuan Teheran.

Mereka juga telah mengeluarkan perintah untuk menghindari kawasan udara Iran sejak 11 Januari 2020 lalu hingga pengumuman selanjutnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Penerbangan Iran Hurmatullah Rafi'i mengatakan, sebagian besar perjalanan wisata ke Iran telah dibatalkan.

Menurutnya, 100 persen perjalanan dari Amerika Serikat dan Kanada telah dibatalkan.

Begitu halnya dengan 80 persen penerbangan dari Eropa dan Australia, serta 60 persen penerbangan dari Asia.

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Asisten Bidang Warisan Budaya Provinsi Fars Muayyad Muhsin Najad yang menyebutkan bahwa wisatawan asing banyak mengunjungi daerahnya untuk melihat monumen-monumen sejarah.

Karenanya, dia berharap agar situasi segera tenang untuk membangkitkan pariwisata Iran.

"Peristiwa politik dan militer berdampak besar pada pariwisata. Saya berharap situasi ini segera tenang sektor wisata segera hidup kembali," kata Muayyad, dilansir dari Syarq al-Awsat.

Baca juga: Iran, Amerika Serikat, dan Potensi Perang Dunia Ketiga...

Risiko kebangkrutan

Sementara itu, Kepala Urusan Perhotelan Provinsi Fars Hasan Siyadatan mengatakan, sebagian besar reservasi hotel telah dibatalkan hingga Maret mendatang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X