Mengenal TBC, Penyakit yang Diduga Menyerang Suami Soraya Haque

Kompas.com - 19/01/2020, 10:25 WIB
Ilustrasi paru-paru yodiyimIlustrasi paru-paru
Penulis Mela Arnani
|

 

KOMPAS.com - Kabar suami Soraya Haque, Ekki Soekarno yang terbaring di rumah sakit lantaran mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung menyita perhatian khalayak.

Dokter masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait infeksi paru yang menyerang, di mana dilakukan pemeriksaan infeksi tuberkulosis (TB/ TBC).

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang biasanya menginfeksi paru-paru, namun dapat menyerang hampir ke seluruh bagian tubuh.

Dilansir dari lung.org, TB/TBC menyebar dari satu orang ke orang lain melalui udara.

Tidak mudah terinfeksi penyakit ini. Biasanya seseorang harus dekat dengan orang yang terinfeksi penyakit TBC dalam jangka waktu lama.

Penyakit ini dapat berakibat fatal jika tak diobati. Tapi, TBC hampir selalu dapat disembuhkan jika penderita minum obat sesuai anjuran dokter.

Informasi dari situs resmi WHO, pada 20018, sebanyak 1,5 juta orang meninggal karena TBC, termasuk 251.000 orang dengan HIV.

Pada 2018, diperkirakan 10 juta orang di seluruh dunia jatuh sakit dengan TBC, dengan rincian 5,7 juta pria, 3,2 juta wanita, dan 1,1 juta anak-anak.

Meski demikian, secara global disebutkan, kejadian TB menurun sekitar 2 persen per tahun.

Baca juga: Mengenal EVALI, Penyakit Paru Misterius akibat Rokok Elektrik

Penyebab

TB/TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X