Virus Misterius Baru Merebak di China, Diperkirakan Infeksi 1.700 Orang

Kompas.com - 18/01/2020, 18:25 WIB
virus corona bbc.co.ukvirus corona

KOMPAS.com – China tengah dihebohkan dengan kemunculan virus baru yang cukup misterius.

Melansir dari BBC, para ilmuwan Inggris memperkirakan jumlah orang yang terinfeksi mendekati 1.700 kasus. Jumlah tersebut lebih besar dari angka resmi yang dikonfirmasi yakni hanya berkisar 45 kasus.

Kemunculan virus yang awalnya di Kota Wuhan itu telah menyebabkan dua orang meninggal.

“Secara substansial, saya jauh lebih khawatir dibandingkan seminggu lalu,” kata Ilmuwan Wabah dan Penyakit Prof Neil Ferguson.

Ferguson merupakan peneliti yang tergabung dalam Pusat Analis Penyakit Menular Global MRC di Imperial College London.

Pusat penelitian tersebut merupakan tempat penelitian yang kerap memberikan saran kepada badan-badan pemerintah Inggris termasuk WHO.

Beredarnya masalah virus misteius ini, Singapura dan Hongkong telah menyaring penumpang pesawat dari Wuhan. Bahkan AS pun melakukan hal serupa.

Baca juga: Virus Misterius China Belum Ada Pencegahannya, Ini Saran Dokter

Berpusat di Wuhan

Wabah virus tersebut berpusat di Kota Wuhan China Tengah. Namun terdapat pula dua kasus di Thailand dan satu di Jepang.

“Wuhan telah mengekspor tiga kasus ke negara lain dan itu menyiratkan akan ada lebih banyak kasus daripada yang telah dilaporkan,” kata Prof Ferguson.

Ia mengatakan, tak mungkin bisa mendapatkan angka pastinya. Namun, dengan pola wabah yang didasarkan pada virus, populasi lokal dan data penerbangan bisa memberikan gambaran jumlah orang terjangkit virus tersebut.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X