Gunung Ijen Alami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Ini Imbauan BNPB

Kompas.com - 18/01/2020, 17:54 WIB
Wisatawan mancanegara berada di dalam kawah gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASAWisatawan mancanegara berada di dalam kawah gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.

KOMPAS.com -  Gunung Ijen di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. Sedikitnya, telah terjadi tiga kali gempa dan indikasi keluarnya gas.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/1/2020), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengungkapkan bahwa hasil monitoring dari data seismik (kegempaan) mulai tanggal 10 Januari mengalami peningkatan jumlah kegempaan. 

Tanggal 13 Januari 2020 pukul 00.04 WIB, terekam getaran indikasi munculnya bualan (gelembung air) yang membawa gas berbahaya (CO2, H2S, dll) yang melebihi ambang batas.

Menurut keterangan tersebut, kondisi ini juga diketahui oleh petugas solfatara PT Candi Ngrimbi yang bertugas di lapangan. 

Pada tanggal 14 Januari 2020 pukul 15.00 WIB dan 16.45 WIB, muncul pula getaran bualan, serta gempa tremor dengan amplitudo membesar. 

Hingga tanggal 16 Januari 2020, pengamatan menunjukan aktivitas kegempaan berangsur menurun dan tidak terekam aktivitas getaran bualan.

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo pun membenarkannya.

"Infonya benar," jawab Agus.

Berdasarkan laporan dari Pos Pengamatan Gunungapi Ijen periode pengamatan tanggal 17 Januari 2020, cuaca di Gunung Ijen cerah dan berawan. 

Sementara, dari visual, gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah. 

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X