Mengenal Surili, Monyet Langka dari Jawa Barat yang Berpoligami

Kompas.com - 17/01/2020, 16:20 WIB
Surili http://ksdae.menlhk.go.idSurili

KOMPAS.com - Surili, monyet langka spesies primata endemik Jawa Barat, tampak berkeliaran di beberapa tempat di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat.

Dilansir Antara, terdapat tiga ekor Surili yang menghebohkan warga di sejumlah tempat.

Ketiga ekor Surili tersebut pertama kali terlihat warga tengah mencari buah di sekitar makam di Kampung Pasirdogong, Desa Sukaraharja, yang lokasinya terletak di belakang kantor desa.

Lantas, apakah itu Surili?

Dikutip dari ksdae.menlhk.go.id, Surili yang memiliki nama latin Presbytis comata adalah spesies primata endemik Jawa Barat yang sering disebut sebagai monyet beruban.

Surili merupakan nama dalam bahasa Indonesia dan Sunda untuk menyebutkan monyet pemakan daun yang penyebarannya hanya terbatas di Pulau Jawa bagian barat.

Surili Jawa termasuk ke dalam keluarga Cercopithecidae genus Presbytis.

Surili Jawa memiliki ukuran tubuh sedang sampai besar. Ciri-ciri khas monyet ini yang membedakan dengan primata lainnya adalah warna bulu abu-abu di seluruh bagian tubuh, tetapi berwarna putih di bagian dada.

Rambut yang menutupi tubuh cukup panjang dan tebal, rambut di kepala memiliki jambul berujung runcing, alis meremang kaku mengarah ke depan.

Surili Jawa merupakan hewan yang hidup berkelompok dan umumnya dalam satu kelompok dipimpin oleh satu jantan dewasa dengan anggota betina beserta anak-anaknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X