Catat, Ini yang Perlu Diperhatikan tentang Penyakit Demam Berdarah Dengue

Kompas.com - 16/01/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti.

KOMPAS.com - Memasuki musim hujan beberapa penyakit mulai bermunculan. Tak hanya flu, diare, atau alergi, tapi juga Demam Berdarah Dengue ( DBD).

Dilansir dari berita Antara (14/01/2020), satu orang dilaporkan meninggal dunia karena DBD di Gunungkidul, Yogyakarta (10/01/2020). Sebelum meninggal, korban sempat dirawat di RSUD Wonosari, Gunungkidul.

Sementara itu di RSUD Wonosari, 11 pasien lainnya juga dirawat karena DBD.

Selain di Gunungkidul, DBD juga muncul di Kota Pekanbaru, Riau. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara (12/01/2020), mencatat 422 warga setempat terserang DBD sepanjang 2019, 5 di antaranya meninggal dunia.

Di Kota Madiun, Jawa Timur dilansir dari Antara (11/01/2020), Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun mencatat jumlah penderita demam berdarah selama tahun 2019 mencapai 245 orang. Dua di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: Berikut Penanganan Tepat Demam Berdarah Sesuai dengan 3 Fase DBD

Penyakit musiman

Dokter anak, konsultan infeksi di RS Dr. Soetomo Surabaya Dr. dr. Dominicus Husada SpA.K. menjelaskan penyakit DBD memang penyakit musiman. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

"Karena untuk bertelur dia butuh air, maka pada musim hujan pasti penyakitnya banyak dibanding kemarau," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, (16/01/2020).

Karena itu setiap kali musim hujan, lanjutnya, pasiennya selalu meningkat. Tapi bukan berarti musim kemarau tidak ada pasien DBD.

Nyamuk keluar jam 10.00-16.00

Menurut Husada, terkait DBD yang dihadapi bukan nyamuk biasa, tapi nyamuk aides, atau biasa disebut nyamuk bangsawan.

Disebut nyamuk bangsawan karena dia keluar saat matahari keluar, tidak pernah mau tinggal di air kotor, suka hinggap di gantungan baju, dan bukan nyamuk yang mudah ditaklukkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X