Siklon Tropis Claudia, Apa Itu Siklon Tropis?

Kompas.com - 14/01/2020, 11:46 WIB
Siklon Tropis Claudia Weather ZoneSiklon Tropis Claudia

KOMPAS.com - Siklon Tropis Claudia beberapa hari terakhir tengah melintasi wilayah Indonesia, khususnya yang ada di bagian tengah yakni Sulawesi Selatan, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Angin berkecepatan tinggi ini bisa membawa sejumlah dampak pada cuaca di daerah yang dilewatinya, mulai dari hujan intensitas sedang-tinggi, angin kencang, hingga gelombang laut tinggi.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), siklon tropis ini akan bergerak ke arah selatan-barat daya tepatnya di Denpasar, Bali, dan perlahan menjauh dari Indonesia, pada hari ini, Selasa (14/1/2020) petang.

Di balik semua itu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Siklon Tropis Claudia?

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra menjelaskan pengertian  siklon tropis.

" Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km (per jam)," kata Agie, saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Update BMKG: Siklon Tropis Claudia dan Dampak Cuaca di Indonesia

Kecepatan putaran angin saat ada di sekitar pusat pembentukannya bisa mencapai 63 kilometer/jam.

Siklon tropis biasa disebut dalam berbagai istilah yang berbeda, mulai dari tropical cyclone, typhoon, atau hurricance.

Namun, Agie menjelaskan, penyebutan yang berlainan ini ditentukan dari lokasi tempat terbentuknya si bibit angin ini.

"Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu 'badai tropis' atau 'typhoon' atau 'topan' jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat, 'siklon' atau 'cyclone' jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan 'hurricane' jika terbentuk di Samudra Atlantik," kata dia.

Berikut ini 7 wilayah pertumbuhan siklon tropis di seluruh lautan dunia:

7 wilayah pertumbuhan siklon tropis di seluruh lautan duniaBMKG/Agie Wandala Putra 7 wilayah pertumbuhan siklon tropis di seluruh lautan dunia
Rata-rata masa sebuah siklon bertiup adalah antara 3-18 hari. Umur yang tidak terlalu panjang ini disebabkan asal mula terbentuknya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X