Kompas.com - 13/01/2020, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Kebakaran besar yang melanda Australia mengancam keberadaan satwa-satwa liar, termasuk koala dan walabi batu.

Kebakaran tersebut telah melumat lebih dari 11,2 juta hektar atau hampir setengah dari wilayah Inggris dan menghancurkan habitat beberapa hewan asli.

Sejumlah perkiraan menunjukkan, sebanyak satu miliar hewan, termasuk ternak dan peliharaan, mati dalam musibah kebakaran hutan itu.

Sementara hewan yang masih selamat terancam kekurangan makanan dan tempat berlindung.

"Ini merupakan bencana ekologis dan bencana itu masih berlangsung. Kita tahu bahwa flora dan fauna asli kita telah rusak parah," kata Menteri Perbendaharaan Australia Josh Frydenberg, dilansir dari Reuters.

Baca juga: Kebakaran Hutan Australia, Ini 6 Fakta yang Harus Anda Tahu

Pemerintah gelontor 34,58 juta dollar AS

Pemerintah Australia pun berkomitmen untuk melakukan program pemulihan satwa liar darurat dengan menggelontorkan dana sebesar 34,58 juta dollar AS.

Menurutnya, koala ikonik akan menjadi fokus pendanaan pemerintah nasional.

Diketahui, 30 persen habitat koala di hutan Eucalpyt yang mereka gunakan untuk mencari makan dan tempat tinggal di negara bagian New South Wales kemungkinan telah hilang.

Menteri Lingkungan Federal Sussan Ley mengatakan, peninjauan akan dilakukan untuk mengetahui apakah populasi koala tertentu harus terdaftar sebagai "hewan yang terancam".

"Segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan dan memulihkan habitat koala, akan diupayakan, termasuk penempatan koala di tempat yang asing bagi mereka," kata Sussan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.