Rumah Rusak karena Banjir? Pemerintah Siapkan Bantuan hingga Rp 50 Juta

Kompas.com - 13/01/2020, 13:09 WIB
Warga menggambil pintu rumah yang terbawa arus di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (7/2/2018). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta telah mengangkut 1.596 ton sampah yang hanyut akibat air kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor pasca banjir yang melanda Jakarta. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGWarga menggambil pintu rumah yang terbawa arus di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (7/2/2018). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta telah mengangkut 1.596 ton sampah yang hanyut akibat air kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor pasca banjir yang melanda Jakarta.

KOMPAS.com - Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang rumahnya rusak akibat banjir pada awal tahun 2020. 

Bantuan berupa Dana Tunggu Hunian (DTH) dan Stimulan Rumah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB). 

Dana Tunggu Hunian (DTH) adalah dana yang diperuntukkan bagi penerima agar menyewa rumah sementara selama enam bulan ke depan. 

Sementara Stimulan Rumah adalah dana bantuan bagi rumah warga yang rusak akibat banjir. 

Lantas bagaimana cara mendapatkannya?

Prosedur pengajuan DTH dan Stimulan Rumah

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo menyebut Pemerintah Daerah (Pemda) akan membentuk Tim Inventarisasi lintas sektor. 

Tim ini akan melakukan survei terhadap kerusakan rumah warga dan mengklasifikasikannya ke dalam tiga jenis kerusakan yakni; Rusak Berat (RB), Rusak Sedang (RS) dan Rusak Ringan (RR). 

Wali Kota atau Bupati setempat akan membuatkan Surat Keputusan (SK) yang mencantumkan nama, alamat, juga tingkat kerusakan rumah hasil pendataan tim sebelumnya.  

Bupati atau Wali Kota juga akan menerbitkan SK Tanggap Darurat sebagai salah satu syarat mencairkan anggaran yang akan digunakan untuk pendanaan yang notabene berasal dari Dana Siap Pakai (DSP).

Jika SK sudah dibuat, maka akan dilampirkan dalam surat pengajuan DTH dan Stimulan Rumah ke BNPB.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X