Jumlah Turis Membludak karena Film Frozen, Austria Batasi Kunjungan ke Desa Hallstatt

Kompas.com - 13/01/2020, 06:30 WIB
Desa Hallstatt, Austria ShutterstockDesa Hallstatt, Austria

KOMPAS.com - Baru-baru ini, pemerintah Austria memutuskan membatasi kunjungan turis ke Desa Hallstatt di Distrik Gmunden. 

Desa indah yang berada di wilayah Austria ini menjadi destinasi populer hingga mengalami overtourism setelah dikabarkan sebagai sumber inspirasi di balik setting kerajaan Arendelle di film Disney Frozen.

Melansir Independent, Hallstatt berjarak satu jam perjalanan dari Salzburg. Desa ini memiliki 780 penduduk. Namun, jumlah pengunjung yang datang setiap harinya terus meningkat.

Pada tahun 2009, jumlah pengunjung hanya mencapai 100 orang per hari. Sementara, pada tahun 2019, jumlah pengunjung mencapai 10.000 per hari, enam kali dari jumlah turis per kapita yang diterima Venice. 

Wali Kota Hallstatt, Alexander Scheutz mengatakan, pihaknya akan memotong jumlah turis menjadi sepertiganya. 

"Hallstatt adalah sebuah bagian penting dari sejarah budaya, bukan sebuah museum," kata Scheutz kepada The Times sebagaimana dikutip Independent

Baca juga: Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Hallstatt, Kota yang Menginspirasi Film Frozen

Keadaan Halstatt

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Official IG of Hallstatt ???????? (@hallstatt_gram) on Sep 10, 2019 at 10:12pm PDT

Melansir CNN, Hallstatt dibangun di sekitar industri pertambangan garam. Daerah ini pertama kali dikenal secara luas pada awal abad ke-19 saat 'ditemukan' oleh seorang penulis roman dan artis. 

Sementara, film "Frozen" pertama dirilis pada tahun 2013. Saat itu, desa Hallstatt sedang menyeimbangkan banyaknya turis dalam waktu-waktu tertentu.

Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa desa mulai mempekerjakan penjaga di gereja-gereja untuk menghentikan turis yang mengganggu pelayanan.

Desa Hallstatt sendiri pernah memperoleh penghargaan oleh Unesco World Heritage pada tahun 1997. 

Hallstatt juga memiliki latar belakang indah di sebelah sebuah danau yang terletak pada kaki pegunungan Salzkammergut, bangunan abad 16 yang menawan, dan sebuah gereja Lutheran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X