Kompas.com - 12/01/2020, 15:30 WIB
Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini. HANDOUT/BMKGPenampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.

KOMPAS.com - Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) menyebut, akan ada 13 gerhana matahari yang melintasi Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100. 

Gerhana matahari terakhir terjadi pada 26 Desember 2019 lalu, yaitu gerhana matahari cincin (GMC).

Saat itu, Puncak GMC sempat melintasi kota Siak, Kepulauan Riau, Singkawang, dan Kalimantan Barat. 

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan ada di antara Bumi dan Matahari sehingga terlihat menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit.

Empat jenis gerhana matahari

Melansir laman LAPAN, berdasarkan cara tertutupnya matahari, ada empat jenis gerhana matahari, yaitu:

  1. Gerhana matahari total, yaitu ketika Bulan menutupi seluruh piringan Matahari. Pada kondisi ini, biasanya korona matahari yang biasanya tidak terlihat dapat dilihat langsung pada saat totalitasnya. Gerhana matahari total terjadi di wilayah yang dilewati oleh bayangan umbra.
  2. Gerhana matahari cincin, yaitu ketika Bulan berada tepat di tengah-tengah Matahari dan Bumi, tetapi ukurannya tampak lebih kecil dibandingkan dengan ukuran piringan Matahari. Kondisi ini menyebabkan Matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.
  3. Gerhana matahari parsial, terjadi ketika Bulan berada tidak tepat di tengah-tengah garis antara Matahari dan Bumi, sehingga hanya menutupi sebagian Matahari. Fenomena ini biasanya juga terlihat di banyak titik di luar jalur gerhana total atau cincin.
  4. Gerhana matahari hibrid, yaitu gerhana yang oleh sebagian pengamat dapat dilihat sebagai antara gerhana total dan sebagian yang lain sebagai gerhana cincin. Gerhana campuran seperti ini cukup langka. 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LAPAN (@lapan_ri) on Jan 7, 2020 at 7:49pm PST

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com  (8/1/2020) dan telah disampaikan melalui media sosial serta laman resmi LAPAN, ada 13 gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Timelapse Video Gerhana Matahari Cincin Tampak Sempurna dari Singkawang

13 gerhana matahari

Dikutip dari laman resmi LAPAN, berikut adalah tanggal dan jenis gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang 2020 hingga 2100.

1. Gerhana matahari total 

Gerhana matahari total (GMT) akan terjadi pada:

  • 20 April 2042 di wilayah Sumatera dan Kalimantan
  • 24 Agustus 2082 di wilayah Aceh dan Sumatera Utara
  • 22 Mei 2096 di wilayah Kalimantan

2. Gerhana matahari cincin 

Gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi pada:

  • 21 Mei 2031 di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku
  • 14 Oktober 2042 di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur
  • 22 September 2052 di wilayah Nusa Tenggara Timur
  • 20 Maret 2053 di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua
  • 5 November 2059 di wilayah Aceh dan Sumatera
  • 28 Februari 2063 di wilayah Sumatera
  • 15 November 2096 di wilayah Kalimantan, Sumatera, Maluku, dan Papua

3. Gerhana matahari hibrid

  • 20 April 2023 di wilayah Nusa Tenggara Timur dan Papua
  • 25 November 2049 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku
  • 12 September 2053 di wilayah Papua

Baca juga: Gerhana Matahari Bikin Perilaku Hewan Berubah, Berikut Penjelasannya


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X