Qasem Soleimani, Mundurnya AS dan Polemik Jatuhnya Pesawat Ukraina di Iran...

Kompas.com - 11/01/2020, 18:06 WIB
Foto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008. AFP/SEPAH NEWSFoto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008.

KOMPAS.com - Kematian Qasem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis pada Jumat (3/1/2020) sempat membuat situasi di kawasan Timur Tengah memanas.

Pasalnya, kedua orang tersebut merupakan petinggi militer di Iran dan Irak.

Soleimani dikenal sebagai jenderal sekaligus pemimpin Pasukan al-Quds, sayap Pasukan Garda Revolusi Iran yang bertugas untuk urusan luar negeri.

Sementara al-Muhandis merupakan pimpinan pasukan Hashd al-Shaabi dan dianggap AS sebagai orang yang paling berbahaya di Irak.

Menurut Presiden Donlad Trump, Solemani akan merencanakan serangan besar terhadap AS di Timur Tengah.

Sebagai aksi balasan, Iran menyerang markas militer AS di Irak dengan puluhan rudal pada Rabu (8/1/2020).

Usai serangan balasan itu, Trump menyatakan AS menarik diri dari peluang perang dengan Iran. Sebagai gantinya, AS memberi sanksi tambahan kepada Negeri Para Mullah tersebut.

Pernyataan Trump tersebut meredamkan tensi di Timur Tengah yang sempat memanas.

Baca juga: Mengenal MQ-9 Reaper, Drone Pembunuh Jenderal Iran Qasem Soleimani

Pesawat jatuh

Akan tetapi, muncul polemik baru ketika Pesawat Boeing 737 800 Ukraina jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, Iran.

Waktu kejadian yang hanya berselang beberapa jam usai serangan rudal Iran ke markas AS membuat banyak pihak mulai berspekulasi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X