Bagaimana Jutaan Lansia China Beradaptasi dengan Teknologi Terkini?

Kompas.com - 05/01/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Perkembangan zaman membuat teknologi semakin maju. Hal itu membuat kehidupan manusia semakin mudah. Di satu sisi, hal itu menjadi tantangan para lansia.  

Maria Josepha Retno Priyani, dosen Universitas Sanata Dharma dalam jurnalnya menyebutkan, kemajuan teknologi membuat lansia seperti berhadapan dengan lingkungan yang berbeda.

"Fasilitas umum, peralatan rumah tangga, pelayanan instansi pemerintah, sarana komunikasi dan media massa yang serba digital dengan tombol-tombol bergambar aneka simbol yang asing," tulisnya.

Padahal, mau tak mau, komputer, smartphone dengan berbagai fiturnya, model transaksi pembayaran secara serentak menyerbu kehidupan masyarakat. Termasuk lansia di dalamnya sehari-hari.

Menutup mata dan bahkan menjauhi kemajuan teknologi di era digital, justru akan membuat mereka menjadi warga yang terpinggirkan.

Baca juga: Menyelisik Klaim China atas Laut Natuna...

Lansia China Beradaptasi

Kondisi itu yang coba dilawan oleh lansia di China. Mereka saat ini mulai membiasakan diri dengan teknologi di Negeri Tirai Bambu itu.

Menurut statistik pemerintah, jumlah lansia China yang berusia di atas 65 tahun mencapai 166,6 juta jiwa. Angka itu setidaknya 12 persen dari keseluruhan populasi negara itu.

Dikutip dari Asia Nikkei, Xu Chang (80), kini mulai akrab bercengkrama dengan temannya melalui WeChat. Selain aplikasi perpesanan itu, dia juga menginstal 64 aplikasi di ponselnya.

"Penggunaan aplikasi seluler membuat hidup saya lebih mudah. Saya juga belajar banyak hal baru," kata dia.

Xu mengunduh Taobao Alibaba, aplikasi jual beli milik Jack Ma.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X