Viral Video Ilusi Optik soal Perubahan Warna Pastel, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/01/2020, 10:15 WIB
Tangkapan layar ilusi optik, afterimage, yang viral di media sosial Twitter pada Kamis (2/1/2020). Twitter: @mefeelingTangkapan layar ilusi optik, afterimage, yang viral di media sosial Twitter pada Kamis (2/1/2020).

KOMPAS.com - Sebuah video menampilkan titik putih berada di tengah-tengah deretan warna seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu beredar di media sosial Twitter pada Kamis (2/1/2020).

Dari video berdurasi 34 detik itu, deretan warna tersebut berganti menjadi warna putih hingga abu-abu tua dalam hitungan beberapa detik.

Adapun perubahan tampilan warna itu berdasarkan aba-aba yang disampaikan oleh pria dalam video.

Tak hanya itu, pria tersebut meminta penonton agar tetap berfokus pada titik putih itu dan tidak diperbolehkan untuk mengedipkan mata.

Selanjutnya, penglihatan penonton seolah-olah teralihkan menjadi warna-warna pastel yang muncul dalam tampilan video.

Jika penonton beralih ke obyek lainnya atau berkedip, maka tampilan layar akan berubah ke warna aslinya, yakni putih dan abu-abu.

Pihak pengunggah, akun Twitter @mefeeling menuliskan bahwa dirinya telah mencoba ilusi tersebut dan terbukti deretan warna pelangi itu berubah menjadi warna pastel yang indah.

"Nyoba ini, fokus ke titik putih dan warnanya jadi pastel bagus banget," tulis @mefeeling dalam twitnya.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 12.600 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 26.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Dokter Ini Analisis Kerusakan Mata yang Dialami Novel Baswedan, Seperti Apa?

Penjelasan dokter mata

Menanggapi fenomena tersebut, dokter spesialis bidang retina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, dr Grimaldi Ihsan, SpM menjelaskan bahwa peristiwa perubahan warna menjadi warna pastel disebut fenomena afterimage.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X