Disebut RK Mampu Kurangi Dampak Banjir Jakarta, Berikut Fakta soal Bendungan Ciawi dan Sukamahi

Kompas.com - 03/01/2020, 19:22 WIB
Proyek Bendungan Ciawi Kompas.com/DANI PRABOWOProyek Bendungan Ciawi

KOMPAS.com - Banjir dilaporkan masih menggenangi sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga Jumat (3/1/2020) sore.

Selain ribuan orang dikabarkan masih mengungsi, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 43 orang meninggal dunia akibat banjir yang melanda Jabodetabek sejak Rabu (1/1/2020).

Sejumlah pihak pun angkat bicara terkait banjir Jakarta, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terbaru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut bersuara.

Pria yang akrab disapa dengan Kang Emil ini berharap pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Jawa Barat dapat menjadi salah satu solusi mengatasi banjir di Jabodetabek.

Adapun informasi tersebut disampaikannya melalui akun resmi Twitter Ridwan Kamil, @ridwankamil pada Jumat (3/1/2020).

"PROGRES BENDUNGAN CIAWI DAN SUKAMAHI sudah 45 persen. Salah satu solusi engineering penanganan banjir Jabodebek yaitu dengan membangun 2 Bendungan kerjasama Kementerian PUPR & Pemprov Jabar. Jika selesai, Insya Allah akan mengurangi potensi banjir di Jabodebek. Doakan selesai secepatnya," tulis Ridwan Kamil dalam twitnya.

Baca juga: Jadi Sorotan Warganet Saat Banjir, Berikut Sejumlah Terobosan Dirut KAI

Digadang-gadang menjadi salah satu solusi persoalan banjir Jabodetabek, berikut fakta soal Bendungan Cimahi dan Sukamahi.

1. Dibangun sejak 2017

Dalam upaya mengatasi banjir di Jakarta, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) membangun bendungan di Ciawi dan Sukamahi yang berlokasi di Bogor, Jawa barat pada 2017 lalu.

Kehadiran bendungan ini diharapkan mampu mengurangi banjir kiriman di Jakarta yang berasal dari Bogor.

Dibangun oleh PT Wijaya Karya-Basuki KSO, pembangunan Bendugan Sukamahi menggelontorkan dana kontrak sebanyak Rp 436,97 miliar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X