AIMI Salurkan MPASI untuk Bayi Pengungsi Banjir di Jakarta

Kompas.com - 03/01/2020, 18:03 WIB
Donasi makanan Pendamping ASI dari AIMI untuk pengungsi banjir Jakarta Instagram/@aimi_asiDonasi makanan Pendamping ASI dari AIMI untuk pengungsi banjir Jakarta

KOMPAS.com - Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ( AIMI) yang menyalurkan ratusan porsi Makanan Pendamping ASI ( MPASI) ke beberapa pengungsian di Jakarta Timur.

Pada Kamis (2/1/2020), AIMI bekerja sama dengan sebuah katering menyalurkan 182 porsi bubur Manado ke Cililitan dan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Biasanya, pembuatan MPASI ini dilakukan di sebuah dapur umum sehingga bisa mengedukasi masyarakat mengenai pengolahan makanan, terutama untuk anak bawah dua tahun atau baduta.

"Idealnya harusnya dikerjakan langsung di dapur umum, supaya masyarakat juga tahu bagaimana mempersiapkannya dan bahan makanannya pun sama seperti yang dewasa cuma teknik pemberiannya (berbeda)," kata Nia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Akan tetapi, karena bertepatan dengan libur akhir tahun, sejumlah relawan dan konselor AIMI tengah berada di luar kota, dan ada pula yang menjadi korban banjir.

Hal ini tak memungkinkan pengolahan makanan yang akan disumbangkan dilakukan di dapur umum. 

Panduan pemberian makanan bayi usia 0-24 bulan di kondisi normal maupun bencana.Dok. dr. Tan Shot Yen Panduan pemberian makanan bayi usia 0-24 bulan di kondisi normal maupun bencana.
Mengenai tekstur makanana, untuk anak berusia 6-8 bulan, makanan pendamping ASI harus disaring sehingga memiliki tekstur yang sangat halus.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Sumbang Makanan bagi Korban Banjir...

Sementara anak usia 9-12 bulan bahan makanan diolah kecil-kecil, seperti diiris atau cincang.

Kemudian, untuk anak usia di atas 12 bulan, sudah bisa makan sama seperti yang dimakan oleh orang dewasa.

"Yang semalam kami kirim ke daerah Cililitan dan Halim itu kami bikin 182 mangkuk. Ada yang tekstur halus 62 (mangkuk), sisanya 120 (mangkuk) yang teksturnya kasar," kata Nia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X