[HOAKS] Video Modus Baru Penipuan di Grab

Kompas.com - 30/12/2019, 16:25 WIB
Beredar video modus penipuan baru di Grab Screenshot video WhatsAppBeredar video modus penipuan baru di Grab
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah video yang berisi informasi modus baru penipuan aplikasi ojek online Grab beredar melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Dalam video tersebut, narator meminta kepada para pengemudi Grab untuk berhati-hati dengan adanya modus penipuan baru ini.

Ia mengatakan, modus penipuan baru ini berupa pop-up yang muncul ketika ada sebuah orderan.

Jika pengemudi menekan tombol "oke" dalam pop-up tersebut, maka ponsel akan mati dan terkena hack.

Berikut transkrip video lengkapnya:

Halo teman-teman SGC. Ini ada info terbaru penipuan Grab. Yang biasa berjalan kan Grab itu minta nomor yang dikirim lewat SMS disuruh disebutkan. Sekarang mereka semakin canggih. Mohon hati-hati ya.

Kalau dapat order fiktif, tiba-tiba muncul kaya tulisan di atas itu ada pop up GRBC4R MASPION PLAZA dengan nomor telepon sekian, ada tombol oke itu jangan dipencet. Nanti kalau om-om semua pencet, itu handphonoe om langsung mati dan dihack. Saldo ovo, saldo dompet tunai itu bakal dikuras sama mereka.

Jadi saran saya diperhatikan jangan sampai dipencet. Mending keluar aja terus langsung dicancel orderan itu, karena itu orderan penipu ovo. Hati-hati ya, ini sudah mulai canggih mereka. Jadi kalau yang terburu-buru ada message kaya gitu, tolong diabaikan saja jangan pencet okenya ya. Terima kasih, mudah-mudahan enggak ada masalah apa-apa.

Klarifikasi Grab

Saat dikonfirmasi Kompas.com mengenai informasi dalam video yang beredar itu, Public Relation Manager Grab Indonesia Andre Sebastian menegaskan, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Ia menyebutkan, video tersebut pernah beredar juga pada 2018.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X