Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Lokasi yang Berlakukan Car Free Night pada Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2019, 21:27 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang malam Tahun Baru 2020, pihak kepolisian dan sejumlah pemerintah daerah memberlakukan aturan car free night yang rencananya dimulai pada Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020).

Penerapan car free night untuk meminimalisasi terjadinya kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang melintas.

Di mana saja akan diberlakukan car free night? Berikut rangkuman sejumlah pemberitaan Kompas.com:

1. Puncak Bogor

Bagi Anda yang ingin menikmati malam pergantian tahun di Bogor, terutama di kawasan Puncak, perlu memerhatikan aturan pelaksanaan car free night.

Kapolres Kabupaten Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, car free night digelar pada Selasa (31/12/2019) petang hingga Rabu (1/1/2020) pagi.

Adapun lokasi yang terdampak car free night, yakni Cigadog hingga kawasan Puncak.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar bergerak ke Puncak paling lambat pada 31 Desember siang hari.

Sebab, pada pukul 18.00 WIB, jalur ke Puncak ditutup khusus malam tahun baru.

2. Surakarta

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta memberlakukan Solo Car Free Night (SCFN) yang berlaku mulai Selasa, 31 Desember 2019 pukul 21.00 WIB hingga Rabu, 1 Desember 2020 pukul 01.00 WIB.

Mulai pukul 20.00 WIB, jalur lambat maupun jalur utama akan dilakukan pengosongan bagi semua kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.

Adapun penutupan Jalan Slamet Riyadi Surakarta hingga Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di Balai Kota akan ditutup mulai pukul 21.00 WIB.

Meski demikian, masyarakat dapat memarkir kendaraannya pada kantong parkir yang disediakan, yakni kawasan Stasiun Purwosari, PLN Purwosari, Jalan Hasanudin, Diamond, Jalan Dr Moewardi, Jalan Dr Sutomo, Jalan Dr Cipto.

Selain itu, Jalan Bhayangkara, Stadion Sriwedari, Jalan Supomo, Pengadilan Negeri, Graha Wisata, Jalan Museum, Jalan Kartini, Gedung Bathari, Jalan Diponegoro, Jalan Gatot Subroto, Jalan Teuku Umar, Jalan Imam Bonjol, Balai Kota, dan Benteng Vastenburg.

3. Jakarta

Tidak hanya di Bogor dan Solo, car free night juga dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin pada Senin (31/12/2019).

Menurut penjelasan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin akan diadakan rekayasa lalu lintas yang dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga kegiatan selesai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com