Viral Sepekan, Kentut Bisa Bunuh Nyamuk hingga Pengangkatan PNS Tanpa Tes

Kompas.com - 29/12/2019, 19:16 WIB
Ilustrasi media sosial TwilightShowIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Sejumlah informasi viral beredar dalam pekan ini. Dari sekian banyak informasi yang beredar, Kompas.com mengklarifikasi informasi-informasi tersebut.

Beberapa di antaranya, informasi seorang pria di Uganda yang mengeluarkan kentut yang dapat membunuh nyamuk hingga radius 6 meter hingga video polisi khusus kereta api (polsuska) menurunkan paksa penumpang diduga anak punk.

Informasi viral lainnya terkait seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yakni surat palsu berisi penyerahan SK dan pembekalan CPNS, serta surat palsu berisi pengangkatan PNS tanpa melalui tes.

Selengkapnya, simak rangkuman konfirmasi informasi viral yang dilakukan tim fact checker Kompas.com berikut ini: 

1. Hoaks, kentut pria Uganda bisa bunuh nyamuk 

Sebuah informasi menyebutkan bahwa ada pria di Uganda yang mengeluarkan kentut dan baunya disebut dapat melumpuhkan nyamuk dalam radius 6 meter beredar.

Informasi ini beredar di media sosial beberapa waktu lalu.

Awalnya, kabar tersebut beredar melalui media sosial dan sejumlah blog di berbagai negara.

Kompas.com menelusuri dan mendapati bahwa foto yang dipakai di blog tersebut merupakan pemberitaan terkait penanganan penyebaran virus Ebola di Kongo.

Dijelaskan bahwa foto pria yang diduga mengeluarkan kentut "mematikan" itu merupakan karya fotografer Reuters Olivia Acland.

Pria tersebut merupakan warga Kongo yang tengah diperiksa temperatur tubuhnya oleh seorang petugas kesehatan. Oleh karena itu, narasi yang beredar menyebutkan bahwa kentut pria itu bisa mematikan, dipastikan hoaks.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X