Kompas.com - 25/12/2019, 18:38 WIB

KOMPAS.com - Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) akan dapat disaksikan esok hari, Kamis (26/12/2019) di sejumlah wilayah di Indonesia.

Gerhana matahari cincin merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari dan bulan.

Apabila seluruh piringan matahari tertutup Bulan (kerucut bayangan Bulan sampai ke Bumi, akan terjadi Gerhana Matahari Total (GMT).

Namun, apabila hanya tertutup sebagian disebut sebagai Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Kemudian, apabila kerucut bayangan Bulan tak menyentuh muka Bumi, maka akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Fenomena tersebut akan terlihat apabila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari Matahari dan seolah Bulan ada dalam Matahari.

Fenomena GMC yang akan dapat disaksikan di sejumlah wilayah Indonesia 26 Desember nanti bukanlah yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya, GMC beberapa kali dapat disaksikan di Indonesia.

Melansir Harian Kompas, 16 Agustus 1998, berdasarkan penelitian, GMC memang tergolong jarang melewati Indonesia. Dalam kurun tahun 1900-2099, dari 188 GMC, hanya 10 persen yang terlihat di Indonesia.

Baca juga: 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin di Indonesia pada 26 Desember

Dihimpun dari berbagai pemberitaan, berikut adalah sejumlah fenomena GMC yang pernah terjadi di Indonesia:

1. GMC 22 Agustus 1998

GMC pernah melintasi Indonesia pada 22 Agustus 1998. Fenomena ini tergolong istimewa karena merupakan GMC pertama pada abad 20.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.