Australia Kembali Pecahkan Rekor Suhu Terpanasnya, Rata-rata 41,9 Derajat Celcius

Kompas.com - 21/12/2019, 17:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kondisi darurat telah diumumkan di New South Wales, Australia, karena suhu terpanas yang terjadi di wilayah itu.

Negara ini mengalami hari terpanasnya pada Selasa (17/12/2019) dan memecahkan rekor suhu terpanasnya kembali pada Rabu (18/12/2019).

Rata-rata suhu maksimum yang tercatat adalah 41,9 derajat celcius.

Sebelumnya, catatan suhu pada hari Selasa telah mencapai 40,9 derajat celsius. Catatan ini juga telah memecahkan rekor sebelumnya pada tahun 2013, yaitu 40,3 derajat celcius.

Melansir BBC, pihak yang berwenang di New South Wales tengah berjuang dengan 100 peristiwa kebakaran yang terjadi.

Kondisi ini menjadi krisis yang memakan waktu berbulan-bulan untuk diatasi.

Kondisi darurat

Menteri Utama New South Wales Gladys Berejiklian mengumumkan tujuh hari kondisi darurat dengan adanya ramalan bahwa kondisi akan semakin memburuk.

"Kekhawatiran terbesar selama beberapa hari ke depan adalah ketidakpastian, dengan angin dan suhu yang sangat panas," kata Gladys kepada wartawan pada Kamis (19/12/2019), sebagaimana dikutip BBC.

Pengumuman akan kondisi darurat ini memberikan kekuatan tambahan kepada pihak-pihak yang berwenang atas pengelolaan kebakaran untuk mengatasi krisis.

Pengumuman ini merupakan yang kedua di New South Wales sejak bulan lalu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X