Ramai soal Burung Kacer, Berikut Aturan Hewan Peliharaan Masuk ke dalam Pesawat

Kompas.com - 20/12/2019, 19:36 WIB
Ilustrasi penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang KOMPAS.com/NAZAR NURDINIlustrasi penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

KOMPAS.com - Seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Pontianak, Rendy Lesmana mengaku kehilangan salah satu burung kicau berjenis kacer seharga Rp 150 juta yang dibawanya sebagai barang bagasi.

Burung tersebut sudah raib dari sangkarnya saat tiba di bandara tujuan. Bagian atas sangkar burung yang baru saja diikutkan kontes itu rusak.

Proses kekeluargaan yang coba ditempuh pihak Garuda tidak berhasil, Rendy lebih memilih untuk menyelesaikannya di jalur hukum.

Namun, bagaimana sesungguhnya aturan agar seorang penumpang bisa membawa serta hewan peliharaannya di dalam pesawat?

Mengutip laman resmi Garuda Indonesia, hewan peliharaan boleh dibawa serta dalam sebuah penerbangan domestik langsung tanpa pergantian pesawat dan tidak lebih dari 2 jam perjalanan, kecuali rute pesawat ATR72-600.

Hewan ini nantinya harus terpisah dari penumpang di kabin dan diterima sebagai bagasi terdaftar dengan peraturan tertentu.

Baca juga: Jalan Panjang Novel Baswedan, dari Sarang Burung Walet hingga Tudingan Tukar Guling Perkara

Aturan main

Sejumlah peraturan yang harus ditaati penumpang jika ingin membawa serta hewan peliharaan dalam penerbangan pesawat Garuda Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Tidak menerima mengangkut hewan langka atau terancam punah, dan hanya hewan peliharaan seperti anjing, kucing, marmut.

2. Penumpang pembawa harus melapor ke konter check-in paling lambat 1 jam sebelum pesawat diberangkatkan.

3. Penumpang menyiapkan sendiri kontainer/peti kayu/kandang untuk hewan yang akan dibawa, sementara maskapai tidak menyediakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X