4 Kasus Besar yang Diungkap KPK Era Agus Rahardjo Dkk

Kompas.com - 20/12/2019, 17:33 WIB
Ketua KPK yang baru dilantik, Agus Rahardjo (kanan), memberikan keterangan didampingi Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif (kiri), Basaria Panjaitan (kedua kiri), Alexander Marwata (tengah) dan Saut Situmorang, usai acara serah terima jabatan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2015). TRIBUNNEWS / HERUDINKetua KPK yang baru dilantik, Agus Rahardjo (kanan), memberikan keterangan didampingi Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif (kiri), Basaria Panjaitan (kedua kiri), Alexander Marwata (tengah) dan Saut Situmorang, usai acara serah terima jabatan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2015).

KOMPAS.com - Masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 diwarnai sejumlah kasus korupsi besar.

Kasus-kasus itu pun turut menyeret nama-nama pejabat publik, baik tingkat daerah maupun pusat.

Berikut beberapa kasus besar yang berhasil diungkap oleh KPK di era Agus Rahardjo:

1. E-KTP

Kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) sempat mendapat perhatian publik pada 2017.

Kerugian negara akibat korupsi tersebut mencapai 2,3 triliun.

Korupsi mega proyek pengadaan e-KTP ini menyeret delapan nama ke jerusi besi, di antaranya adalah mantan Ketua DPR, Setya Novanto; mantan anggota DPR Miryam S Haryani, dan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto.

Kasus tersebut bermula saat Komisi II DPR menggelar rapat pembahasan anggaran Kemendagri pada Februari 2010.

Pertemuan intens yang dilakukan oleh beberapa pihak hingga kesepakatan proyek 3-KTP akhirnya memakan anggaran Rp 5,9 triliun berhasil diketuk.

Dalam kasus ini, Setya Novanto, Irman dan Sugiharto divonis hukuman 5 tahun penajara. Sementara Miryam S Haryani divonis 5 tahun penjara.

Baca juga: Kasus e-KTP, KPK Periksa Mantan Dirjen Dukcapil

2. Proyek PLTU Riau 

Dugaan korupsi yang terjadi di tubuh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada 2018 menyeret beberapa nama pejabat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X