Hari Ini dalam Sejarah: Tembok Berlin Dibuka untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 20/12/2019, 06:44 WIB
Tembok Berlin terlihat dari samping Gerbang Brandenburg. Dok. KOMPAS/SVEN SIMONTembok Berlin terlihat dari samping Gerbang Brandenburg.

KOMPAS.com - Hari ini 56 tahun lalu, tepatnya 20 Desember 1963, Tembok Berlin yang dibangun oleh Jerman Timur agar warganya tak bisa menyeberang ke Jerman Barat, dibuka untuk pertama kalinya.

History menuliskan, di bawah kesepakatan yang dicapai antara Berlin Timur dan Barat, lebih dari 170.000 izin akhirnya dikeluarkan untuk warga Berlin Barat.

Izin tersebut memungkinkan warga Berlin Barat untuk mengunjungi saudara dan kerabatnya di Berlin Timur selama satu hari.

Pembangunan Tembok Berlin pada Agustus 1961 memisahkan keluarga dan teman dari kedua wilayah.

Air mata, tawa, dan luapan emosi menandai reuni yang berlangsung ketika ibu dan ayah, putra dan putri bertemu lagi setelah berpisah selama dua tahun.

Meski demikian, tensi perang dingin antara Jerman Barat dan Jerman Timur masih terasa jelas dalam momen haru itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Presiden ke-42 AS Bill Clinton Dimakzulkan

Pengeras suara di Berlin Timur menyambut pengunjung dengan berita bahwa mereka sedang berada di Ibu kota Republik Demokratik Jerman, sebuah pembagian politik yang ditolak oleh sebagian besar orang Jerman Barat.

Setiap pengunjung juga diberikan brosur yang menjelaskan bahwa tembok itu dibangun untuk melindungi perbatasan dari serangan musuh imperialis.

Budaya Barat yang dianggap dekaden, termasuk film dan cerita gengster, membanjiri Jerman Timur sebelum Tembok itu dibangun.

Di pihak Jerman Barat, banyak surat kabar yang menyindir para pengunjung dan menuduh mereka sebagai pion dari propaganda Jerman Timur.

Retorika-retorika yang mewarnai kunjungan dari kedua wilayah itu merupakan pengingat bahwa Perang Dingin menguras emosi semua pihak.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X