Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Anak Tangga Bertuliskan Kata-kata Motivasi di UI, Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 19/12/2019, 20:37 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "There is no elevator to success, you have to take the stairs (Tidak ada ekskalator untuk meraih kesuksesan, kamu harus memakai tangga)".

Berikut salah satu kutipan yang tertulis pada anak tangga yang diduga berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di Universitas Indonesia (UI) yang viral pada Selasa (17/12/2019).

Pihak pengunggah, akun Twitter @collegemenfess pun mengolase sejumlah foto yang menampilkan foto-foto kutipan pada anak tangga tersebut.

Sontak, unggahan tersebut ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Hingga kini, foto itu telah di re-twit sebanyak 2.500 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 8.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Viral dari Dunia Pendidikan Tinggi 2019, dari Kasus Agni hingga Minum Air Bekas Ludah

Penjelasan pihak UI

Pengampu mata kuliah Kepemimpinan Strategis dan Berpikir Sistem di FKM UI, Dr Dumilah Ayuningtyas membenarkan bahwa kutipan motivasi itu ada di lingkungan FKM.

"Di FKM saja. Untuk mengajak pola hidup bersih dan sehat dengan naik tangga, tapi mendapat manfaat lain," ujar perempuan yang akrab disapa Tyas ini kepada Kompas.com pada Kamis (19/12/2019).

Menurutnya, adanya kutipan motivasi pada anak tangga merupakan salah satu ajakan darinya kepada mahasiswa-mahasiswa sebagai kerja kelompok untuk berinovasi membuat proyek atau karya kreatif terbaik.

Adapun karya kreatif tersebut merupakan refleksi dari konsep dan pemahaman pembelajaran Kepemimpinan Strategis & Berpikir Sistem .

"Projek atau kegiatan aplikatif tersebut merefleksikan pembelajaran yang diperoleh selama ini dan sedapat mungkin merupakan sebuah aktivitas real atau implementasi dan bukan hanya proposal saja," kata Tyas.

Ia menyampaikan, proyek atau karya tersebut dibuat dengan pertimbangan-pertimbangan dari aspek manfaat, aspek keberlangsungan, aspek mampu kelola, serta hemat biaya/energi.

Baca juga: Viral Isu Kesehatan Sepanjang 2019: Soal Kopi Instan hingga Radiasi Ponsel

Stairs of knowledge

Dari kegiatan tersebut, imbuhnya mahasiswa belajar banyak hal dalam berkarya.

Sebab, untuk merealisasikan kegiatan tersebut memerlukan persiapan pengajuan proposal, advokasi untuk approval, perizinan, dan lainnya.

Proyek kutipan dalam anak tangga itu, dinamakan "Stairs of Knowledge".

Adapun tujuan lain, perealisasian proyek tersebut antara lain untuk menggunakan tangga agar mendorong tubuh lebih sehat serta menghemat energi.

"Tujuannya untuk mengundang menggunakan tangga agar lebih sehat, mengurangi pemborosan energi dengan seringnya pemakaian lift," katanya lagi.

Selain itu, Tyas mengungkapkan bahwa pemasangan kutipan tersebut dilakukan pada pekan ini.

Harapannya, pembelajaran Kepemimpinan Strategis & Berpikir Sistem menjadi dasar bagi mahasiswa untuk menarik relevansi dan menyusun rencana-rencana dalam mengejar dan mewujudkan mimpi dan visi mahasiswa.

Baca juga: Kata Dokter soal Viral Tempel Bawang Putih di Tangan Bisa Atasi Sakit Gigi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com