Viral Kuliner Unik Sepanjang 2019, dari Bakso Tumpeng hingga Tolpit

Kompas.com - 19/12/2019, 18:05 WIB
Bakso Tumpeng dari warung Lesehan Mbanyumili, Bantul, Yogyakarta. Eko SupriyantoBakso Tumpeng dari warung Lesehan Mbanyumili, Bantul, Yogyakarta.

KOMPAS.com - Sejumlah daerah di Indonesia menyimpan keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Misalnya upacara adat, pakaian tradisional, dan kuliner.

Berburu kuliner dari daerah tertentu menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan.

Pada tahun ini, ada 5 kuliner unik yang sempat viral di media sosial dan membuat publik penasaran.

Berikut informasi lengkapnya:

1. Bakso Tumpeng

Bakso tumpeng milik Eko Supriyanto di Lesehan Mbanyumili, Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (14/1/2018). TRIBUN JOGJA/WAHYU SETIAWAN NUGROHO Bakso tumpeng milik Eko Supriyanto di Lesehan Mbanyumili, Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (14/1/2018).

Jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta, Anda dapat menjajal kudapan unik, yakni bakso berbentuk tumpeng.

Bakso ini bisa Anda dapatkan di warung Lesehan Mbanyumili, Jalan Imogiri Timur Nomor 10, Singosaren, Bantul, Yogyakarta.

Tidak hanya berbentuk tumpeng atau kerucut, bakso unik ini juga memiliki ukuran yang bervariasi dan disesuaikan dengan harga.

Pemilik sekaligus penggagas ide bakso tumpeng, Eko Supriyanto (32) menjelaskan, bakso tumpeng ukuran kecil (S) diberi harga Rp 17.000 per porsi, sementara untuk ukuran raksasa (XXXXX) dibanderol harga Rp 400.000.

Adapun bakso ukuran raksasa ini dapat disantap untuk 25 orang.

Baca juga: Bakso Berbentuk Tumpeng di Yogyakarta, Seperti Apa?

2. Belalang Goreng

Belalang goreng ala Gunungkidul, Yogyakarta. Hama yang jadi berkah ketika diolah jadi kuliner. TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Belalang goreng ala Gunungkidul, Yogyakarta. Hama yang jadi berkah ketika diolah jadi kuliner.

Masih di Yogyakarta, apabila Anda berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Anda akan menemukan ragam kuliner unik lainnya.

Lokasi strategis untuk menikmati ragam kuliner khas Gunungkidul, yakni Pawon Purba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X