Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2019, 20:09 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Majalah ekonomi terkemuka Forbes kembali mengumumkan daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia di akhir tahun 2019.

Di antara 100 perempuan hebat itu, salah satu di antaranya adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani yang menempati posisi ke-76.

Nama lain yang juga masuk daftar bergengsi ini adalah Greta Thunberg, seorang gadis belia yang gigih memperjuangkan kelestarian lingkungan hidup hingga pernah tampil dalam forum PBB. 

Di luar nama-nama itu, berikut ini perempuan-perempuan paling berpengaruh versi Forbes yang ada di jajaran 5 teratas. 

1. Angela Merkel - Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel.AFP / ODD ANDERSEN Kanselir Jerman Angela Merkel.

Di urutan pertama adalah seorang kanselir Jerman, yang menjabat sejak tahun 2005, Angela Merkel. 

Sejak awal masa jabatannya, saat ini Merkel ada di jabatan yang sama untuk ke empat kalinya.  Namun demikian, ia sudah berjanji untuk tidak kembali menjabat sebagai kanselir di tahun 2021 mendatang. 

Merkel merupakan pemimpin berpengaruh di Eropa dan ia memimpin suatu sistem ekonomi terbesar di kawasan ini. Sebelumnya ia berhasil mengendalikan krisis keuangan yang dialami oleh Jerman hingga membuatnya kembali bertumbuh. 

Di bawah kepemimpinannya, cadangan baja meningkat dan mengizinkan para pengungsi yang berasal dari Suriah untuk memasuki kawasan Jerman. 

Banyaknya prestasi yang ditorehkan semasa ia menjabat, publik justru bertanya-tanya, apa yang akan terjadi nantinya ketika Merkel tidak lagi menjabat di tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Angela Merkel?

2. Christine Lagarde - Perancis

Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde melihat Sungai Cilincing di Jakarta, Rabu (28/2/2018). Lagarde menyambangi Jakarta untuk menghadiri konferensi internasional tingkat tinggi sekaligus persiapan untuk pertemuan tahunan IMF dan Kelompok Bank Dunia yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Oktober mendatang.AFP PHOTO/ADEK BERRY Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde melihat Sungai Cilincing di Jakarta, Rabu (28/2/2018). Lagarde menyambangi Jakarta untuk menghadiri konferensi internasional tingkat tinggi sekaligus persiapan untuk pertemuan tahunan IMF dan Kelompok Bank Dunia yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Oktober mendatang.

Di posisi kedua adalah sosok perempuan pertama yang berhasil menjadi Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde. 

Lagarde berada di jabatan tersebut pada 1 November 2019.

Posisi ini membuat ia harus mengemban tanggung jawab soal kebijakan moneter Eropa selama masa ketidakpastian geopolitik dan melambatnya pertumbuhan ekonomi di Benua Putih itu. 

Saat resmi dilantik, Lagarde menyampaikan dalam pidatonya bahwa diperlukan fokus pada perdagangan multilateral, selain juga harus meningkatkan peluang domestik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com