Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Pembantaian 800 Penduduk di El Mozote

Kompas.com - 11/12/2019, 13:55 WIB
Kerangka manusia korban pembantaian 6.000 tahun lalu ditemukan di Perancis Timur, Selasa (7/6/2016). AFPKerangka manusia korban pembantaian 6.000 tahun lalu ditemukan di Perancis Timur, Selasa (7/6/2016).

KOMPAS.com - Hari ini, 38 tahun yang lalu, tepatnya 11 Desember 1981, terjadi pembantaian lebih dari 800 penduduk di El Mozote.

Pembantaian ini dilakukan oleh tentara Salvador yang di back up oleh militer Amerika Serikat.

Tragedi ini menewaskan lebih dari 800 penduduk di wilayah El Mozote, 200 km dari ibu kota San Salvador.

Melansir BBC, pembantaian di El Mozote ini adalah kejadian paling berdarah selama konflik yang terjadi di El Salvador.

Pembantaian El Mozote

Mengutip dari Human Right Watch, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh kantor HAM Tutela Legal pada 9 November 1991, tentara Salvador melakukan pembantaian dalam jumlah besar selama beberapa hari di pertengahan Desember 1981.

Pembantaian ini dilakukan di kota-kota El Mozote seperti La Joya, Cerro Pando, Rancherla, Los Toriles, dan Jocote Amarillo di bagian utara Morazan.

Laporan Tutela Legal ini juga merekonstruksi peristiwa-peristiwa yang terjadi pembantaian dan membuat daftar 794 korban.

Jumlah ini didominasi oleh anak-anak kecil yang terbunuh selama tiga hari pembantaian yang dimulai pada 11 Desember 1981.

Batalion Atlacatl kemudian dituduh telah dibentuk dan dilatih oleh Amerika Serikat sebagai pasukan anti-gerilya elit yang mengarahkan sejumlah pembantaian, termasuk dalam tragedi El Mozote.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John Lennon Ditembak Mati oleh Penggemarnya

Berdasarkan informasi yang diperoleh Americas Watch oleh El Rescate yang berbasis di Los Angeles, Kepala Brigadir ketiga saat itu adalah Letnal Coloner Jaime Ernesto Flores Grijalva. Sementara, Kepala Detasemen Militer keempat saat itu adalah Elmer Gonzalez Araujo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X