Rentetan Persoalan Pertamina, dari Tumpahan Minyak di Karawang hingga Harga Avtur Mahal

Kompas.com - 10/12/2019, 20:29 WIB
Di sela nadran laut yang digelar serentak dari 22 muara di Kabupaten Karawang, sejumlah orang dari Koalisi Masyarakat Sipil (Kormas) Karawang menggelar aksi protes terhadap tumpahan minyak mentah di laut Karawang, Minggu (22/9/2019). KOMPAS.com/FARIDA FARHAN Di sela nadran laut yang digelar serentak dari 22 muara di Kabupaten Karawang, sejumlah orang dari Koalisi Masyarakat Sipil (Kormas) Karawang menggelar aksi protes terhadap tumpahan minyak mentah di laut Karawang, Minggu (22/9/2019).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah melangsungkan pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/12/2019), Jokowi menyebut pertemuannya dengan Ahok dan Nicke tak lain membahas persiapan B30, lifting minyak dan gas, defisit transaksi berjalan, hingga pembangunan kilang minyak.

Sebelumnya, rencana penunjukan Ahok menjadi salah satu petinggi di Pertamina menuai pro dan kontra. Hal itu sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (22/11/2019). 

Ada yang menganggap Ahok tak pantas jadi petinggi di Pertamina. Terlebih, Pertamina memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Berikut deretan kasus yang sempat menjerat Pertamina selama 2019:

1. Tumpahan minyak di Karawang

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/10/2019), anak usaha Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merampungkan penanggulangan tumpahan minyak atau oil spill sumur YYA-1, Blok Offshore North West Java (ONWJ) di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Penyebab terjadinya tumpahan minyak adalah well kick di sumur (re-aktivasi) YYA-1. Hal tersebut sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (30/8/2019),

Kejadian itu menyebabkan munculnya gelembung di sekitar anjungan lepas pantai YYA PHE ONWJ atau sekitar 2 kilometer.

Untuk mencegah akibat fatal, pada hari yang sama, PHE ONWJ langsung mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pertamina Sewa Engineer dari Amerika Atasi Tumpahan Minyak Karawang

2. Kelangkaan solar

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/11/2019), banyak pihak mengeluhkan langkanya BBM jenis solar di berbagai daerah dalam satu pekan ini. Mulai dari Garut, Surabaya hingga Parepare.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X