Kompas.com - 09/12/2019, 20:05 WIB
Miss Universe Pertama, Armi Helena Kuusela, yang meraih mahkota pertama pada 1952. missuniverse.comMiss Universe Pertama, Armi Helena Kuusela, yang meraih mahkota pertama pada 1952.

KOMPAS.com - Puncak gelaran kontes kecantikan sedunia Miss Universe 2019 baru saja diselenggarakan di Georgia, Amerika Serikat, Minggu (8/12/2019) malam waktu setempat.

Wakil dari Afrika Selatan Zozibini Tunzi keluar sebagai pemenang dan berhasil mengenakan mahkota Miss Universe tahun ini.

Menilik sejarah pemenang Miss Universe, siapa peraih mahkota pertama kontes kecantikan ini?

Kontes pertama pada 1952

Ajang Miss Universe pertama digelar pada 1952 yang diselenggarakan di Longbeach, California, Amerika Serikat.

Pada gelaran pertama itu, Miss Universe dimenangkan oleh Armi Helena Kuusela dari Finlandia.

Saat memenangkan kontes itu, Kuusela yang lahir pada 20 Agustus 1934, masih berusia 17 tahun.

Sebelumnya, ia merupakan seseorang yang aktif di dunia sosial dan memenangkan kontes kecantikan nasional di Finlandia bernama Suomen Neito pada Mei 1952.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Zozibini Tunzi, Puteri Afsel Jawara Miss Universe 2019

Tak lama berselang, pada Juni 1952, ia terbang ke Amerika Serikat untuk menjadi salah satu dari tiga puluh peserta yang mengikuti Miss Universe 1952.

Saat mengikuti kompetisi itu, perempuan berambut pirang dan bermata biru ini memiliki bobot tubuh seberat 49 kilogram dan tinggi badan 165 centimeter.

Setelah berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe ke negaranya, Kuusela dibuatkan sebuah film berjudul Maailman Kaunein Tyttö yang berarti wanita tercantik di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X