Soal Skor PISA 2018, dari Wejangan Nadiem hingga Perlunya Perubahan Budaya Belajar

Kompas.com - 07/12/2019, 19:45 WIB
Tangkapan layar publikasi PISA PISATangkapan layar publikasi PISA

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Programme for International Student Assessment (PISA) menerbitkan hasil penelitiannya. PISA adalah program OECD untuk mengukur kemampuan membaca, matematika, sains, dan implementasi dari pengetahuan tersebut.

Publikasi terbaru ini adalah hasil dari survei yang dilakukan pada 2018 pada negara-negara di dunia.

Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa peringkat Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia.

Secara umum, Indonesia memiliki skor yang lebih rendah daripada rata-rata skor untuk Membaca, Matematika dan Sains.

Bahkan perolehan skor di tiap aspek yang diuji dalam PISA dari Indonesia masih lebih rendah jika dibandingkan dengan skor negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Berikut sejumlah respons terkait publikasi hasil PISA 2018:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Atas tersebarnya publikasi PISA 2018 yang menunjukkan cukup rendahnya posisi Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim meminta untuk tidak mengemasnya menjadi berita positif.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (7/12/2019), Nadiem pun mengajak seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan untuk merubah paradigma, utamanya berkaitan dengan skor PISA 2019.

Perubahan yang dimaksud adalah paradigma terbuka, yaitu langsung ke inti permasalahan dan kemudian bergerak melakukan perubahan.

Nadiem menambahkan bahwa justru di sinilah terletak kunci kesuksesan belajar, yakni untuk mendapatkan sebanyak mungkin perspektif untuk kemudian bergerak melakukan perubahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber kompas.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X