Bertema Khusus, Kebun Raya Ini Tampilkan Tumbuhan Adat dan Herbal Bali

Kompas.com - 06/12/2019, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Satu kebun raya yang terdapat di Bali memiliki keunikan tersendiri di banding kebun raya lainnya, karena memiliki tema khusus yakni menampilkan tanaman khas Bali.

Jenis tanaman itu terdiri dari tanaman-tanaman herbal dan adat untuk keperluan ibadah masyarakat Bali yang kebanyakan menganut agama Hindu.

Kebun raya ini diinisiasi sejak tahun 2014 dan diresmikan Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis (5/12/2019).

Kebun Raya Jagatnatha terletak di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana dan didirikan di atas lahan seluas 5,8 hektar yang terletak di tepi jalur utama yang menghubungkan Gilimanuk dan Denpasar.

Berdasarkan keterangan tertulis yang terdapat di laman LIPI, kebun raya ke-14 yang dibangun di daerah ini mengambil konsep tematik dengan prioritas tumbuhan upakara (tumbuhan untuk upacara adat umat Hindu Bali) dan usada (tumbuhan obat tradisional Bali).

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R. Hendrian pun berharap lokasi yang dijadikan tempat wisata ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca juga: Bunga Bangkai Langka Setinggi 2,9 Meter Mekar Sempurna di Kebun Raya Bogor

“Kebun raya ini harus bisa menjadi pusat konservasi tumbuhan untuk melestarikan tumbuhan khas Jembrana yang mulai langka, menjadi pusat pendidikan lingkungan, pengembangan ilmu pengetahuan dan jasa lingkungan bagi masyarakat,” Kata Hendrian.

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Kebun Raya Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Danang W. P. menyebut Kebun Raya Jagatnatha menjadi kebun raya pertama di Indonesia yang menerapkan tema khusus.

“Konservasi tumbuhan usada dan upacara adat Bali diharapkan menjadi rujukan, sekaligus menjadikan Kebun Raya Jagatnatha sebagai kebun raya pertama di Indonesia yang koleksi tumbuhannya ditata berdasarkan pola tematik sebagai perpustakaan hidup yang memberikan pengetahuan kepada pengunjung tentang kekayaan budaya Bali,” kata Danang.

Saat ini, Kebun Raya Jagatnatha telah mengoleksi tanaman usada sebanyak 26 suku, 45 nomor koleksi, 36 genus. Tanaman koleksi upakara 38 suku, 101 nomor koleksi, 85 genus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.