Sebelum Ari Askhara, Ini Pimpinan BUMN yang Pernah Dicopot Jabatannya

Kompas.com - 06/12/2019, 18:33 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara (AA) dicopot oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Selama dua bulan masa jabatannya, sejumlah sikap telah dilakukan oleh Erick. Salah satu yang terbaru adalah pencopotan Ari Askhara ini.

Alasannya, Ari disebut telah melakukan penyelundupan onderdil Harley Davidson keluaran tahun 1972 serta dua sepeda Brompton.

Akibat perbuatan Ari tersebut, negara berpotensi mengalami kerugian sebesar Rp 532 juta hingga Rp 1,5 miliar.

Melansir Kompas.com (6/12/2019), Erick memaparkan bahwa dalam proses penyelundupan tersebut, Ari Askhara telah melakukan instruksi untuk mencari motor Harley Davidson klasik tahun 1972 sejak tahun 2018.

Selain itu, yang bersangkutan juga telah melakukan transfer sejumlah dana ke rekening pribadi dari Finance Manager Garuda Indonesia berinisial IJ (Iwan Joeniarto) di Amsterdam.

Sebenarnya, kasus pencopotan pimpinan BUMN dengan alasan ketidakmampuan kinerja ataupun tersangkut kasus pernah terjadi sebelumnya.

Di periode Rini Soemarno sebagai menteri BUMN, sejumlah pejabat pun pernah mengalami pencopotan jabatan.

Dihimpun dari berbagai pemberitaan Kompas.com, berikut adalah deretan pimpinan BUMN yang pernah dicopot:

PT Garam

Direktur Utama PT Garam Achmad Boediono dicopot dari jabatannya pada Juni 2017. Boediono diperhentikan karena diduga menyelewengkan pengadaan garam impor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X