Sederet Kasus yang Menjerat Maskapai Garuda Indonesia di 2019

Kompas.com - 05/12/2019, 19:24 WIB
Pesawat Garuda Indonesia Dok. Humas Kementerian PariwisataPesawat Garuda Indonesia

KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia kembali terjerat kasus yang dikabarkan berdampak pada pencopotan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara.

Pemberhentian Dirut Garuda tersebut, dijelaskan Menteri BUMN Erick Thohir lantaran yang bersangkutan diketahui telah menyelundupkan onderdil Harley Davidson keluaran tahun 1972 serta dua sepeda Brompton.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti pun turut berkomentar terkait pemecatan Ari Askhara.

Menurutnya, pemecatan Dirut Garuda tak menjadi soal selama direktur kunci (key person) Garuda Indonesia masih ada. Sebab, operasional Garuda Indonesia masih bisa berjalan selama ada direktur kunci itu.

Hingga kini, kasus terkait onderdil Harley dan sepeda Brompton tersebut masih ditelusuri oleh pihak berwenang.

Berikut sejumlah kasus yang pernah terjadi pada PT Garuda Indonesia di tahun 2019:

1. Kartu menu bertulis tangan

Pada 13 Juli 2019, seorang YouTuber bernama Rius Vernandez mengunggah video singkat yang menampilkan adanya menu makanan yang ditulis tangan di kelas bisnis Garuda Indonesia.

Dalam menu yang ditulis tangan itu, disebutkan menu seperti Appetizer, Main Course, dan Dessert.

Namun, rasa kekecewaan Rius diungkapkan dengan unggahan di video singkat tersebut.

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan, pak," tulis Rius dalam unggahannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X