Dinilai Buruk, Ini Deretan Masalah di Penyelenggaraan SEA Games 2019

Kompas.com - 04/12/2019, 15:33 WIB
Gambar ruang konferensi pers atau ruang media di salah satu stadion yang digunakan untuk SEA Games 2019 Filipina cabang olahraga sepak bola. twitter/@wayne_yantoGambar ruang konferensi pers atau ruang media di salah satu stadion yang digunakan untuk SEA Games 2019 Filipina cabang olahraga sepak bola.

KOMPAS.com — Sederet kondisi dari penyelenggaraan SEA Games 2019 di Filipina mendapat sorotan.

Bukan hal positif, melainkan sebaliknya. Filipina dianggap belum siap menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

Hal ini tidak hanya menjadi sorotan media-media dari negara tetangga, tetapi juga para netizen yang banyak menyampaikan kritik melalui media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Terutama netizen Indonesia yang merasa Filipina jauh lebih buruk sebagai tuan rumah daripada Tanah Air yang juga pernah dicap sebagai penyelenggara SEA Games yang gagal sebelumnya.

Ya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011 yang penyelenggaraannya ada di Jakarta dan Palembang.

Namun, pada SEA Games 2019 ini, Filipina dianggap lebih buruk lagi dalam hal penyelenggaraan. Ini sederet masalah yang terjadi saat SEA Games 2019 di Filipina yang tengah berlangsung.

Aplikasi SEA Games di gerai digital

Hal pertama yang menjadi sorotan di SEA Games 2019 adalah ketidaktersediaan aplikasi Official 2019 SEA Games.

Padahal, aplikasi itu disebutkan oleh pihak penyelenggara sudah bisa diunduh di berbagai gerai digital, baik untuk Android maupun IOS.

Dari sana, pengguna bisa mengakses beragam informasi mengenai SEA Games, seperti jadwal pertandingan, perolehan medali, informasi tentang atlet, dan sebagainya.

Baca juga: SEA Games 2019 Filipina Bermasalah, Duterte Minta Maaf

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 30th South East Asian Games (@2019seagamesph) pada 25 Nov 2019 jam 10:00 PST

Namun sayang, aplikasi itu tidak dapat ditemukan di Playstore Android.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X