Badai Kammuri Terjang Filipina, Ini Dampaknya di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2019, 12:13 WIB
Perahu nelayan menerjang gelombang tinggi di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Iqbal FahmiPerahu nelayan menerjang gelombang tinggi di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah.


KOMPAS.com - Badai Kammuri dikabarkan tengah menerjang Fillipina pada pekan ini. Adanya badai ini juga mengganggu keberlangsungan pesta olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games 2019.

Meski badai Kammuri sedang terjadi di Fillipina, apakah nantinya juga berdampak pada Indonesia?

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Miming Saepudin menyampaikan bahwa badai Kammuri dapat berdampak secara tidak langsung terhadap Indonesia.

"Badai tropis Kammuri dapat berdampak secara tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia," ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/12/2019).

Tinggi gelombang

Menurutnya, dampak secara tidak langsung yang dirasakan di wilayah Indonesia yakni adanya potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia.

Ia menyampaikan bahwa tinggi gelombang dari eksistensi badai Kammuri di Laut China Selatan mencapai 1-2,5 meter di wilayah perairan utara Selat Karimata.

Sementara, tinggi gelombang juga dapat mencapai 2,5-4 meter pada perairan Natuna dan sekitarnya.

Atas adanya potensi tinggi gelombang yang tersebar di wilayah Indonesia, Miming mengungkapkan kejadian tersebut diprediksi masih terus berlangsung hingga 3 hari ke depan.

"Potensi gelombang tinggi ini diprediksi masih cukup signifikan hingga 3 hari ke depan," ujar Miming.

Baca juga: Mengenal Badai Kammuri yang Sempat Ganggu Jadwal SEA Games Filipina

Kemudian, berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi Jepang (JMA) pada 4 Desember 2019, Miming mengungkapkan bahwa badai Kammuri memiliki tekanan sebesar 992 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 70 knot.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X