Viral Video Nelayan Selamatkan Hiu Paus dari Lilitan Tali, Ini Faktanya

Kompas.com - 03/12/2019, 21:00 WIB
Hiu Paus terlilit tali Tangkapan layar akun Persatuan Haiwan Malaysia - Malaysia Animal Association Hiu Paus terlilit tali

KOMPAS.com – Sebuah video tentang seekor hiu paus yang terlilit tali dan diselamatkan oleh nelayan viral di media sosial.

Video tersebut bahkan dibagikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti melalui akun Twitternya.

Ketika ditelusuri, salah satu akun yang paling awal mengunggah video tersebut adalah akun Persatuan Haiwan Malaysia – Malaysia Animal Association.

Narasi dalam postingan tersebut berbunyi:

Difahamkan kejadian ikan menghampiri kapal meminta tolong melepaskannya daripada kesengsaraan berlaku di Bintulu Sarawak.
Animal Malaysia mengucapkan tahniah kepada kumpulan penyelamat ini.
#ikan #jabatanperikananmalaysia #saveouranimals #animals #fish #animalmalaysia #malaysiaanimals #malaysiaanimalassociation "

Video yang diunggah pada Minggu (1/12/2019) sampai dengan hari ini telah direspons oleh 17 ribu orang dan dibagikan lebih dari 4 ribu kali.

Baca juga: Hiu Paus yang Terjebak di Kanal PLTU Dievakuasi, Selamat, dan Sehat

Melansir dari The Borneo Post hiu paus yang terjerat tali tersebut diselamatkan oleh tujuh nelayan di laut dekat Santubong, Malaysia.

Perekam video, Zaidi Suhaili, mengaku terkejut dengan respons warganet yang ramai membicarakan unggahan tersebut.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa video akan menjadi viral. Namun, kami semua merasa puas bisa menyelamatkan hiu paus karena dianggap sebagai spesies yang terancam punah, ” ujarnya.

Zaidi menuturkan, kejadian bermula ketika para pemancing yang sudah tiga hari berada di laut tiba-tiba dikejutkan oleh kehadiran hiu tersebut.

Hiu paus itu berenang mendekat kapal sekitar pukul 11 pagi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X