Memahami Lebih Jauh soal LTMPT, SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Kompas.com - 02/12/2019, 19:21 WIB
Syarat dan Ketentuan SNMPTN 2020 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoSyarat dan Ketentuan SNMPTN 2020

KOMPAS.com – Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru untuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 mengacu kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sistemnya kini diterapkan satu pintu.

Penerapan sistem Single Sign On (SSO) ini nantinya bisa diakses melalui akun portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPThttps://portal.ltmpt.ac.id.

"Tujuan dibuatnya SSO untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru (SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN) sebagai satu kesatuan sistem," ujar Ravik saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Mari memahami lebih jauh soal LTMPT, SNMPTN, SBMPTN dan UTBK.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui soal LTMPT SNMPTN

LTMPT

LTMPT merupakan akronim dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Melansir dari situs resmi LTMPT, lembaga ini dibentuk untuk meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Adapun fungsinya untuk mengelola dan mengolah data calon mahasiswa sebagai bagian dari proses seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) oleh rektor PTN.

Selain itu, untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, serta menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan.

Secara singkat, LTMPT adalah lembaga penyelenggara untuk tes masuk perguruan tinggi .

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X