Baru Diluncurkan, Kanal Aduan Terima 89 Laporan Dugaan Radikalisme oleh ASN

Kompas.com - 02/12/2019, 15:21 WIB
Tangkapan layar kanal aduanasn.id aduanasn.idTangkapan layar kanal aduanasn.id

KOMPAS.com - Pemerintah menyediakan portal aduan, aduanasn.id, bagi Aparatur Sipil Negara yang diduga melakukan pelanggaran radikalisme.

Pelanggaran dapat berupa situs, URL, akun media sosial, aplikasi mobile, dan software yang mengandung intoleransi, anti-pancasila, anti-NKRI, dan membuat disintegrasi bangsa.

Kanal aduanasn.id, diinisiasi beberapa kementerian, seperti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain itu, melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

Baca juga: ASN Bekerja di Rumah, Sekda Cianjur: Kalau Tahun Depan Belum Siap

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu menjelaskan, pelaporan terhadap ASN yang diduga melakukan pelanggaran radikalisme seperti disebutkan sebelumnya dapat dilakukan setiap orang.

"Masyarakat umum bisa melaporkan," kata Ferdinandus saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/12/2019) siang.

Sebelum melaporkan, masyarakat harus mendaftarkan diri di kanal aduanasn.id.

Setelah itu, pelapor dapat mengunggah tautan (link) beserta tangkapan layar situs atau konten yang dilaporkan disertai alasan.

Pelaporan lebih dari satu ASN dapat dilakukan dalam sekali pelaporan atau tiket, dengan tetap melampirkan bukti tangkapan layar dan alasannya.

Pelapor juga dapat memantau proses penanganan yang dilakuan oleh Tim Aduan ASN dengan memasukkan nomor aduan.

Baca juga: Komnas HAM Kritik SKB 11 Menteri soal Penanganan Radikalisme di Lingkungan ASN

Jumlah aduan

Sejak dirilis pada 12 November 2019, hingga Senin (2/12/2019) pukul 11.35 WIB, aduan yang masuk dalam kanal ini sebanyak 89 laporan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X