Kompas.com - 27/11/2019, 20:00 WIB
Ilustrasi narkoba. SHUTTERSTOCKIlustrasi narkoba.

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan Bareskrim Mabes Polri berhasil mengungkap jaringan pabrik yang memproduksi narkoba jenis pil Paracetamol Cafein dan Carisoprodol (PCC) di Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Selasa (26/11/2019).

Dari pabrik tersebut, berhasil diamankan 2 juta pil PCC siap edar beserta alat-alat pembuatnya dan bahan baku untuk jutaan pil obat-obatan terlarang tersebut.

Mengutip Kompas.com (27/11/2019), menurut BNN, selama ini pil PCC paling diminati kalangan anak muda pemakai narkoba karena harganya murah.

Pengonsumsian PCC ini membawa dampak yang sangat buruk. Oleh karena itu, sebenarnya obat ini telah dilarang dari 2013.

Sebagaimana kepanjangannya, PCC mengandung Paracetamol, Caffeine, dan Carisoprodol.

Paracetamol

Paracetamol juga dikenal sebagai aceaminpophen, tergolong sebagai pereda rasa sakit yang dijual secara bebas. Obat ini biasanya digunakan untuk meredakan sakit ringan saat sakit kepala, menstruasi, sakit gigi, flu, dan nyeri sendi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa efek yang dapat disebabkan dari pengonsumsian obat ini, diantaranya adalah mual, gatal-gatal, sakit perut, urin berwarna gelap, hingga kulit dan mata berwarna kekuningan. Namun demikian, gejala-gejala tersebut biasanya tidak terjadi jika konsumsi hanya dilakukan sesuai dengan resep dokter.

Baca juga: BNN: Harga Murah, Pil PCC Jadi Narkoba Paling Diminati.....

Caffeine

Caffeine merupakan kandungan yang biasanya juga ditemukan di kopi, teh, dan cola, untuk meningkatkan kesadaran dan fokus.

Sementara, di dunia medis, caffeine dapat digunakan sebagai kombinasi untuk pereda sakit. Dalam hal ini, kafein dapat digunakan bersama paracetamol.

Namun, ada aturan batas pengonsumsian caffeine. Jika dikonsumsi terlalu banyak, caffeine dapat menyebabkan efek samping seperti serangan panik, meningkatnya tekanan darah, insomnia, gelisah, dan naiknya asam lambung.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.