INFOGRAFIK: Mengenal Anjungan Dukcapil Mandiri

Kompas.com - 27/11/2019, 08:07 WIB
Anjungan Dukcapil Mandiri KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoAnjungan Dukcapil Mandiri

KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan anjungan dukcapil mandiri (ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara pada Senin (25/11/2019) malam.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

Selain Kartu Tanda Penduduk ( KTP), imbuhnya, Anjungan Dukcapil Mandiri juga dapat mencetak akta kelahiran, akta kematian, Kartu Keluarga dan sejumlah produk dukcapil lainnya hanya dalam hitungan menit.

"Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus," kata Tito usai peresmian.

Dengan adanya mesin ADM tersebut, sambungnya dapat menekan potensi terjadinya korupsi.

Sebab, dengan hilangnya sentuhan antara petugas dengan masyarakat, otomatis potensi korupsi itu hampir bisa dikatakan hilang.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Anjungan Dukcapil Mandiri, Apa Saja?

Lebih lengkapnya, simak infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Anjungan Dukcapil Mandiri

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X