Mendagri Dorong Kajian E-Voting, Ini 3 Negara yang Pernah Menerapkan

Kompas.com - 26/11/2019, 19:15 WIB
Ilustrasi pemilihan elektronik ShutterstockIlustrasi pemilihan elektronik

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri ) Tito Karnavian mendorong Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan kajian mengenai e-voting.

Menurutnya, penggunaan e- voting dalam pemilihan umum dapat menghemat uang negara. Sebab, tidak perlu ada TPS, surat suara, maupun petugas TPS di kampung-kampung.

Akan tetapi, diperlukan infrastruktur yang memadai sebelum menjalankan implementasi tersebut.

Mendagri menyampaikan, bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, Ditjen Dukcapil harus mengejar 100 persen penduduk Indonesia untuk terdata dalam KTP elektronik.

E-Voting sendiri sudah diterapkan di berbagai negara. Berikut adalah negara-negara yang sudah menerapkan sistem e-voting ini:

Baca juga: Lebih Hemat Anggaran, Tito Karnavian Dorong Dukcapil dan KPU Lakukan Kajian e-Voting

1. Estonia

Melansir dari laman Time, Estonia merupakan salah satu pelopor dalam penerapan e-voting. Sejak 2005, Estonia telah mengumpulkan surat suara melalui komputer dengan koneksi internet di mana pun di seluruh dunia.

Dalam pemilihan yang dilakukan, separuh lebih penduduk Estonia telah memanfaatkan sistem e-voting ini. Pada pemilihan parlemen Estonia Maret lalu, 44 persen pemilih memberikan suara secara daring.

Masyarakat Estonia dapat memberikan suara dengan sistem ini dalam tujuh hari sebelum hari pemilihan. Sementara, saat hari pemilihan, masyarakat tidak diperbolehkan melakukan voting online.

Dalam e-voting ini, pemilih memerlukan komputer yang terkoneksi internet dan kartu identitas.

Pemilih mengunduh aplikasi pemilihan melalui situs pemilihan nasional. Kemudian, kartu identitas dimasukan ke dalam pembaca kartu untuk diverivikasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X