5 Fakta Mengenai Anjungan Dukcapil Mandiri, Apa Saja?

Kompas.com - 26/11/2019, 10:30 WIB
Mendagri Tito Karnavian meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara Senin (25/11/2019) malam KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARIMendagri Tito Karnavian meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara Senin (25/11/2019) malam

 

KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) mengenalkan Anjungan Dukcapil Mandiri ( ADM) pada Senin (25/11/2019) malam.

Adapun pengenalan tersebut dilakukan di Discovery Ancol Taman, Pademangan, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arid Fakrulloh mengungkapkan bahwa ADM dihadirkan kepada masyarakat guna mempermudah proses pembuatan dokumen dukcapil.

Lantas, apa saja fakta yang menarik dari peluncuran mesin ADM ini?

Berikut rinciannya:

1. Bisa cetak berbagai dokumen dukcapil

Zudan menjelaskan, mesin ADM nantinya memiliki sejumlah fungsi yang digadang-gadang dapat mempersingkat proses pembuatan.

Tidak hanya mempersingkat waktu, namun mesin ADM juga dapat mencetak berbagai dokumen dukcapil, seperti KTP elektronik, aktakelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), dan akta kematian.

2. Proses cepat

Adapun dalam proses permohonan pembuatan dokumen dukcapil, Zudan menyampaikan, nantinya masyarakat dapat datang secara langsung ke dukcapil atau melalui online.

Kemudian, jika telah mengajukan permohonan, pemohon bisa langsung mencetak dokumen dukcapil dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama.

Zudan mengungkapkan, dalam proses pencetakan dokumen, masyarakat tidak perlu datang ke kantor dukcapil lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X