Viral Kisah Cinta Youtuber Kekeyi-Rio Ramadhan dan Tudingan Pansos, Apa Itu Pansos?

Kompas.com - 24/11/2019, 17:02 WIB
Rio Ramadhan dan Rahmawati Kekeyi Putri saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIRio Ramadhan dan Rahmawati Kekeyi Putri saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

KOMPAS.com- Kisah cinta Yotuber Rahmawati Kekeyi Putri Cantika dan pemain sinetron Rio Ramadhan sedang menjadi sorotan publik.

Gara-gara hubungan tersebut, banyak orang menuduh Rio Ramadhan hanya menumpang ketenaran Kekeyi alias melakukan panjat sosial atau pansos.

Terlepas dari benar atau tidaknya tudingan itu, istilah panjat sosial alias pansos kerap digunakan untuk menyebut seseorang yang dianggap "mendompleng" dengan ketenaran orang lain.

Sebenarnya apa itu pansos?

Seseorang biasanya melakukan panjat sosial karena adanya perasaan rendah diri dan tendensi ekstrem untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca juga: Rio Ramadhan Akui Tertarik Kenalan dengan Kekeyi Gara-gara Viral

Popularitas dan status

Pelaku pansos menilai sebuah hubungan karena popularitas dan status karena dua hal itulah yang menjadi kebutuhan utama mereka.

Mereka juga tidak bisa melihat keintiman sebuah hubungan.

Pelaku pansos biasanya memiliki karekter yang ambisius, kompetitif dan selalu ingin menjadi yang dominan.

Mereka juga tidak pernah merasa puas jika ada orang lain yang memiliki status lebih tinggi dari mereka.

Pelaku pansos juga memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X