Menpora Malaysia Sebut Video Pengeroyokan Suporter Indonesia Hoaks

Kompas.com - 23/11/2019, 06:00 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman Hilda B Alexander/Kompas.comMenteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman menyampaikan pernyataan tegasnya terkait video pengeroyokan pendukung sepak bola Indonesia oleh Malaysia yang sempat ramai diperbincangkan.

Tidak hanya diperbincangkan, video itu bahkan menimbulkan pertentangan di antara masyarakat 2 negara serumpun itu.

Dalam video yang disampaikan Saddiq melalui akun Instagram nya @syedsaddiq ia menegaskan video itu sebagai hoaks dan meminta masyarakat Indonesia untuk tidak mempercayainya.

"Kepada rekan-rekan di Indonesia tolonglah jangan percaya hoaks, berita palsu, fitnah yang mengatakan ada pendukung Indonesia yang dipukul dan juga ada penusukan yang dilakukan oleh pendukung Malaysia,"  kata Saddiq.

Baca juga: Penjelasan Kemenpora soal Pemukulan terhadap Suporter Indonesia di Malaysia

Ia menyebut sudah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian Malaysia. Kepolisian dari negara beribukota Putra Jaya ini juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian Indonesia dan menyatakan video yang ramai tersebar adalah tidak benar.

"Video itu tidak berkenaan dengan sepak bola di antara Indonesia dan Malaysia. Jangan karena hoaks hubungan di antara dua negara ini jadi terbebani," ujar Menteri berusia 26 tahun ini.

Saddiq berharap hubungan baik antar dua negara serumpun ini tidak hancur akibat peredaran informasi hoaks yang banyak dipercaya kemudian menyulut emosi.

Dalam keterangan video yang ia unggah sekitar pukul 18.00 WIB itu, Saddiq melampirkan sebuah artikel dari media olahraga Indonesia yang mencantumkan pernyataan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewabrata yang juga menyebut video yang beredar merupakan hoaks.

Baca juga: Menpora Malaysia soal Rusuh Suporter Indonesia: Kita Pastikan Keadilan Itu Ada...

Sebelumnya, tensi masyarakat dibuat meninggi saat beredar sebuah video yang menunjukkan aksi pengeroyokan dan penusukan pendukung Malaysia kepada pendukung Indonesia, seusai pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Indonesia lawan Malaysia.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X