Dengar Bunyi Hujan Kok Bikin Kita Ngantuk dan Gampang Tidur?

Kompas.com - 22/11/2019, 18:33 WIB
Ilustrasi hujan KulkannIlustrasi hujan

Kompas.com - Musim hujan telah tiba di sebagian besar wilayah Indonesia, mulai dari intensitas sedang hingga deras.

Tidak hanya disambut bahagia, karena mengakhiri musim kemarau yang sebelumnya ada, hujan juga mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat. Mulai dari bau khas yang ditimbulkan ketika bertemu tanah kering, atau suaranya yang membuat tidur terasa lebih nyenyak.

Suara tetesan air itu entah mengapa membuat siapapun ingin bergegas tidur, menarik selimut dengan ditemani cahaya yang remang. 

Rasanya istirahat akan lebih berkualitas ketika kondisi di luar tengah hujan.

Namun, benarkah hal itu terjadi? Atau hanya imajinasi kita saja?

Ternyata secara psikologis hal ini bisa diartikan sebagai hasil kerja otak memaknai suara yang didengar telinga, bunyi hujan tidak diartikan sebagai sebuah ancaman baik ketika kita dalam kondisi sadar atau tertidur.

Dilansir dari Live Science, terdapat jenis-jenis bebunyian yang bisa membuat seseorang segera memberikan perhatian dan tidak.

Baca juga: Waspada, Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Dua Hari ke Depan

Misalnya bunyi teriakan, letusan, alarm, dan sebagainya akan dianggap sebagai suatu tanda yang mengharuskannya terbangun atau dengan kata lain mereka akan terancam jika tetap berdiam diri.

Sementara bunyi-bunyian lain, seperti ombak, angin, hujan, dan sebagainya tidak akan membuat kita dengan segera terbangun dari kondisi rileks. Itu karena bunyi-bunyian ini tidak memberikan ancaman kepada seseorang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh seorang profesor kesehatan biobehavioral dari Pennsylvania State University Orfeu Buxton.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X