Penjelasan Kemenpora soal Pemukulan terhadap Suporter Indonesia di Malaysia

Kompas.com - 22/11/2019, 17:52 WIB
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto saat di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019). Reza JurnalistonSekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto saat di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

KOMPAS.com - Sebuah video yang menyebutkan terjadi pemukulan terhadap seorang suporter Indonesia viral di media sosial, Kamis (21/11/2019).

Selain itu, beredar pula sebuah gambar yang yang menyebutkan seorang suporter Indonesia ditusuk hingga meninggal dunia.

Informasi ini beredar setelah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara tuan rumah Malaysia melawan Indonesia yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (19/11/2019).

Mengonfirmasi informasi ini, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto memberikan penjelasannya, Jumat (22/11/2019), saat dihubungi Kompas.com.

Ia menegaskan, peristiwa pemukulan benar terjadi sehari sebelum pertandingan. Tetapi, ia membantah ada suporter Indonesia yang meninggal dunia.

Soal pemukulan

Gatot menjelaskan, insiden pemukulan yang dilakukan oleh suporter Malaysia tersebut, terjadi sehari sebelum pertandingan digelar.

Baca juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Melorot, Bagaimana Cara Menghitungnya?

"KBRI di Kuala Lumpur yang saya hubungi membenarkan informasi itu. Tetapi yang perlu diluruskan adalah bahwa insiden suporter Indonesia yang dipukuli itu adalah sehari sebelum adanya pertandingan," kata Gatot.

Selain dipukuli, Gatot mengungkapkan, paspor korban juga direbut oleh suporter Malayasia.

Namun, KBRI tidak berhasil saat mencoba menghubungi suporter Indonesia yang dipukuli tersebut.

Upaya komunikasi dilakukan sehari setelah peristiwa.

Tak ada yang meninggal dunia

Terkait informasi penusukan suporter hingga meninggal dunia, Gatot membantahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X